Kamis, 03 Maret 2011

Android Google Taklukkan Symbian Nokia

PERTARUNGAN perangkat lunak untuk telepon seluler semakin hangat. Terakhir, Android, perangkat lunak buatan Google, berhasil menjungkalkan Symbian keluaran Nokia selama kuartal terakhir 2010.

Symbian adalah pemimpin global dalam perangkat lunak smartphone. Ini mengakhiri kekuasaan yang ada sejak kelahiran industri ini pada dekade lalu.

Penjungkalan tersebut juga menegaskan kecepatan Google yang menawarkan perangkat lunak untuk pembuat telepon secara gratis menggapai puncak pasar smartphone melebihi kecepatan produk Apple. Google dan Apple secara bersama telah merevolusi pasarsmartphone. Nokia baru menyusul.

Pada kuartal keempat tahun lalu, pembuat telepon seluler (ponsel) menjual 32,9 juta unit ber-Android di tingkat global. Artinya, ini sekitar tujuh kali lipat dari kuartal tahun sebelumnya. "Bandingkan dengan penjualan Symbian yang hanya 31 juta," ungkap Canalys, sebuah perusahaan riset.

Angka tersebut juga menyoroti keberhasilan Google dalam memerangi perangkat lunak buatan Apple. Pengiriman iPhone meningkat menjadi 16,2 juta dari 8,7 juta unit pada kuartal keempat 2009. Saat itu, Android baru 4,7 juta unit.

Tidak seperti Apple atau Nokia, Google tidak membuat perangkat keras berupa ponsel sendiri. Google hanya menawarkan sistem operasi Android secara bebas untuk para pembuat ponsel lain. Akibatnya, Android telah menjadi standar untuk perangkat lunak pembuat ponsel dalam jumlah banyak.

Pembuat ponsel AS Motorola Inc Mobility bahkan berhasil bangkit dengan berfokus hanya pada Android setelah bertahun-tahun merugi. Model dari Samsung Electronics Co Ltd, HTC Corp, dan LG Electronics Inc juga membantu Android pada kuartal itu sebagai perusahaan telepon yang banyak memakai Android. (Rtr/OL-5)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/02/200311/46/7/Android-Google-Taklukkan-Symbian-Nokia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar