Kamis, 25 November 2010

2015, Smart Ed Mulai Dijual untuk Umum

Hadirnya smart ed sebagai proyek uji coba Pemeintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta langsung menimbulkan pertanyaan akankah mobil listrik itu akan dijual kepada publik Tanah Air?

Menanggapi hal ini Deputy Director Marketing PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Yuniadi Hartono langsung angkat bicara.

Menurutnya kemungkinan smart ed untuk dijual umum tetap ada. "Yang digunakan untuk uji coba Pemda DKI Jakarta ini baru merupakan produksi tahap awal Daimler AG untuk 40 negara di dunia, nah produksi ini akan dilakukan lagi secara bertahap," sebut dia ketika ditemui di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/11/2010).

Produksi selanjutnya kata Yuniadi, akan berlangsung mulai 2014. "Ketika 2014 sudah produksi lebih banyak lagi, maka diharapkan mobil listrik ini akan masuk Indonesia pada 2015," ujarnya.

Dirinya menuturkan uji coba ini sekaligus ingin menjadi proses pembelajaran sebelum mobil tersebut masuk dan resmi dipasarkan untuk umum.

Ia juga berharap kehadiran smart ed untuk proyek percontohan Pemda DKI Jakarta bisa membuka mata seluruh masyarakat Indonesia termasuk para pimpinan pemerintah bahwa mobilitas bukan cuma dengan kendaraan konvensional.

"Kita ingin menunjukkan kepada semua orang baik di Jakarta maupun di seluruh Indonesia, bahwa iniloh ada kendaraan yang bisa untuk mobilitas di kota-kota besar tapi tetap ramah lingkungan," jelas Yuniadi.

Namun sayangnya Yuniadi belum bisa menyebutkan berapa banderol yang akan dipatok untuk smart bertenaga bateria lithium ion ini jika dipasarkan untuk umum.

"Kalau smart yang bermesin konvensional nanti kita mulai apsarkan Desember dengan harga mulai Rp219 juta. tapi untuk yang listrik ini kita belum tahu bagaimana kebijakan dari pemerintah," tegasnya. Tetapi ia yakin, keberadaan smart ed pasti akan membuka cakrawala baru industri automotif di Tanah Air.

Sumber : http://autos.okezone.com/read/2010/11/24/52/396694/2015-smart-ed-mulai-dijual-untuk-umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar